TIPS MERAWAT AC RUANGAN DI JOGJA

Service AC Jogja
Jika rumah Kamu menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC), jangan lupa untuk merawatnya secara rutin. Karena AC yang tidak dirawat secara berkala dan teliti, tak hanya menimbulkan polusi udara tapi juga menjadi wadah penyebaran penyakit, salah satunya masalah pernapasan.
  
AC yang kotor akibat jarang dibersihkan, bisa menyimpan berbagai virus dan bakteri yang secara terus menerus menyebar ke seluruh ruangan dan masuk ke indera penciuman para penghuninya. Akibatnya, si penghuni pun akan mengalami sakit atau infeksi berulang kali.

Berikut perawatan yang sebaiknya Kamu lakukan agar AC bisa bekerja optimal dan tahan lama:

1. Matikan AC ketika tidak digunakan
Jika bepergian atau ruangan tidak digunakan, jangan lupa untuk mematika AC. Meski pengoperasiannya cukup mudah, karena sudah disediakan remote control, tapi perawatan yang satu ini kerap diabaikan.
Jika udara tidak terlalu panas, usahakan untuk mematikan sekitar satu atau dua jam dalam sehari. Jika perlu gunakan reminder atau timer yang terdapat di dalam fasilitas service AC Jogja. Ketika AC sudah dimatikan, buka lebar-lebar jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.


2. Lakukan perawatan AC secara rutin
Periksalah komponen saringan (filter) udara pada AC, minimal sebulan sekali. Jika tidak bisa melakukannya sendiri Kamu bisa mengundang jasa service AC panggilan. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri dan jamur.
Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coil (gulungan penguap) kemudian menyebar kembali ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor bisa mempengaruhi kinerja sistem pendingin menjadi lebih berat, sehingga tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros.

3. Gunakan AC Ruang dengan bijak
Minimalkan potensi gangguan kesehatan secara selektif mungkin dalam menggunakan AC. Karena jika di ruangan yang sama terdapat anggota keluarga yang sakit, virus dan kumannya bisa terbantu penyebarannya melalui AC.
Jadi jika ada anggota keluarga yang sakit flu, misalnya, usahakan seminimal mungkin menggunakan AC. Saran ini juga berlaku jika ada salah satu anggota keluarga yang merokok di dalam ruangan atau jika ruangan dan perabotannya tengah dibersihkan.
  
4. Periksa secara rutin kondensor AC
Pastikan kondensor yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak belukar dan dedaunan. Jika ingin membersihkan, matikan dulu AC dan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan vacuum cleaner.Tentu saja, sebelum Kamu melakukannya, matikan pendingin ruangan terlebih dahulu. Kamu bisa membersihkan debu dari kondensor tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner.

5.Lakukan perawatan rutin
Agar lebih aman, rawatlah AC dengan memanggil teknisi pembersih AC minimal enam bulan sekali. Perawatan ini tak hanya demi kesehatan keluarga, tapi juga untuk memastikan Service AC Jogja menjadi lebih panjang umur dan hemat biaya bulanan listrik.


Share this:

Kami melayani pemasangan atau perawatan mesin pendingin ruangan. Bermodalkan pengalaman serta kebutuhan masyarakat akan AC maka kami membangun perusahaan jasa service AC dengan tenaga kerja teknisi berkualitas dan profesional yang berkompeten di bidangnya. Adi Djaya AC menyediakan pemasangan AC baru atau bekas, dari mulai AC merk Daikin, AC merk Sharp, AC merk Panasonic, AC merk Samsung, AC merk Fujitsu, AC merk LG dll.

Selain itu Kami juga melayani perawatan AC berkala, service ac besar, tukar tambah AC, jual beli AC bekas, memperbaiki AC anda yang rusak dan masalah tentang mesin pendingin lainya. Hubungi jasa service dari kami untuk mendapatkan pengalaman baru yang memuaskan, untuk konsultasi silahkan hubungi kami di nomor yang tersedia.

Melayani Service AC untuk seluruh wilayah Yogyakarta, service ac jogja, service ac di jogja, service ac di sleman, service ac di godean, service ac di seyegan, service ac di ringroad barat.